Desain Grafis

Definisi desain grafis
adalah salah satu bentuk seni lukis ( gambar ) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desaine ( perancang ),untuk memilih, menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi , foto, tulisan dan garis diatas suatu permukaan dngan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan dan sebuah pesan.

Sembilan kategori desain grafis

1. Penahaman terhadap perpepsi, Visual organi sasi dan estetika
Desainer bekerja dengan format visual dan bagaimana format itu diaplikasikan untuk menyampaikan suatu maksud.
2. Pemahaman terhadap teknik visuslisasi
Desainer harus familiar dengan perangkat dasar pekerjaannya juga dengan proses teknik dalam memproduksi karya, mulai dari sketsa, model hingga ke final artwork.
a. Photografi :> Para desainer menghormati phothography sebagai proses yang dekat kenyataan dalam menyampaikan yang realis, selain dapat membangkitkan emosi tertentu.
b. Translasi Visual :> adalah teknik visualisasi dengan mengambil esensi dari suatu image, diringkas, direka ulang menjadi imge baru. ada beberapa desainer yang menamakan translasi visual morphing, visual hirarki, tahapan visual dan lain-lain, namumn pada yang ditekankan adalah bagaimana sebuah tampilan visual dapat terwujud dan memiliki rangkaian proses nasional.
c. Model Makingn :> adalah teknik visualisasi yang mengekplorasiakan format tiga dimensional guna merencanakan, men-simulasikan atau mengembankan format visual menjadi prototipe bagi suatu produk baru/ produk yang siap dipamerkan.
d. Menggambar :> adalah teknik visualisasi yang sangat umum dan dilakukan pada kondisi awal , berfungsi sebagai kumpulan gagasan yg mengalir. Gambar biasanya belum divisulisasikan dengan tampilan yang lebih sempurna kecuali gambar tersebut dibutuhkan sebgai mana adanya, misal: komik, ilustrasi manual hand drawing, bahkan terkadang story board dalam sebuah proyek TV komersial juga digarap secara manual.
e. Typhography :> adalah teknik visualisasi dengan menggunakan fungsi huruf berdasarkan fungsi dasar huruf itu sendiri sebagai dari teks yang memiliki fungsi keterbacaan/digunakan berdasarkan format fisiknya. Huruf juga harus dipahami baik secara historis, stuktur, penanaman, style dan penggunaannya.


0 komentar:

Posting Komentar